Sabtu, 30 Oktober 2010

7 Khasiat dari air mata a.k.a MENANGIS [?!]

SALAM GAUL

SUMBER dari Beliefnet


7 keajaiban yang bisa Anda dapatkan setelah menangis dan berair mata.


1. Membantu penglihatan
Airmata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mataitusendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasipadamembran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.




2. Membunuh bakteri
Takperlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagaiantibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebutdengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteriyang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dantempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.




3. Meningkatkan mood
Seseorangyang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis,mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan daritipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yangberguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air matayang dihasilkan dari iritasi mata.




4. Mengeluarkan racun
Seorangahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentangairmata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangiskarenaemosional ternyata mengandung racun.


Tapijangan salah, keluarnya airmata yang beracun itu menandakan bahwaiamembawa racun dari dalamtubuh dan mengeluarkannya lewat mata.




5. Mengurangi stres
Bagaimanamenangis bisa mengurangi stres? Air mata ternyata juga mengeluarkanhormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphinleucine-enkaphalin dan prolactin.


Selainmenurunkan level stres,air mata juga membantu melawanpenyakit-penyakit yang disebabkan olehstres seperti tekanan darahtinggi.




6. Membangun komunitas
Selainbaik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorangmembangun sebuah komunitas. Biasanya seseorang menangis setelahmenceritakan masalahnya di depan teman-temannya atau seseorang yang bisamemberikan dukungan, dan hal ini bisa meningkatkan kemampuanberkomunikasi dan juga bersosialisasi.


SA
7. Melegakan perasaan
Semuaorang rasanya merasa demikian. Meskipun Anda didera berbagai macammasalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan munculperasaanlega.


Setelahmenangis, sistem limbik,otak dan jantung akan menjadi lancar, danhalitu membuat seseorangmerasa lebih baik dan lega. Keluarkanlahmasalahdi pikiranmu lewatmenangis, jangan dipendam karena Anda bisamenangismeledak-ledak.


SALAM GAUL

1 komentar: